Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus

Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus - Hallo sahabat semua kembali lagi di blog ini dan tentunya dengan sebuah projek elektronik yang pada postingan kali ini masih seputar dunia audio,dan tentunya ini sangat menarik karena pada kali ini kita akan membahas Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus,jadi sebenarnya bukan hal yang baru bagi anda yang suka otak atik tentang elektronik pasti mengetahui fungsi lain dari sebuah speaker bukan,ya yaitu kita juga bisa pergunakan sebauh speaker menjadi sebuah microphone.

Seperti yang sering kita jumpai pada beberapa rangkaian pemancar walkie talky dan juga rangkaian lain nya yang menerapkan speaker sebagai pengeras suara,namun juga pada saat memancar menggunakan speaker yang tadi bertugas sebagai penguat suara menjadi sebuah microphone dan kita tinggal ngomong di depan speaker nya saja dan speaker akan menangkap gelombang suara kita menjadi sebuah sinyal yang di kirim pada lawan bicara kita di penerima yang lain.

Namun tentunya dengan Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus ini adalah membutuhkan sebuah rangkaian yang bertugas membuat kualitas suara dari hasil cuplikan speaker ini cukup kuat dan bagus sinyal nya dan akan berbeda dengan hanya menghubungkan saja pada rangkayan jalur microphone input saja,tenang sahabat semua,karena kali ini saya ada sebuah rangkaian yang lumayan cukup bagus untuk menguatkan sinyal menjadi cukup kuat dan anda bisa membuat nya dengan mudah.

Membuat rangkaian Mikrophone Speaker 


Rangkaian ini membutuhkan daya sekitar 6Volt DC yang bisa anda suplay dengan Baterai atau juga menggunakan adaptor yang menyatu dengan rangkaian yang lain nya,seperti rangkaian tone control atau juga power amplifier atau juga rangkaian lain nya,dan hanya menggunakan 1 buah transistor BC 547 Sebagai transistor penguat dan beberapa komponen pendukung yang sangat minim atau berjumlah sangat sedikit sekali.

Oke langsung saja anda bisa mempersiapkan daftar komponen nya yaitu :

  • Speaker : 4 – 8 Ohm
  • Transistor : BC547 ( 1 Buah )
  • Elco : 100uf /16v ( 1 Buah )
  • Resistor : 47k & 2k2 ( 1 Buah )

Untuk penampakan secara full nya gambar rangkaian Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus ini kita simak berikut ini.

Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus
Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus

Untuk bagian atas atau masking layout gambar nya anda bisa menggunakan panduan gambar berikut ini

Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus
Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus
Sedangkan untuk membuat pola jalur nya anda bisa juga menggunakan pola gambar yang sudah saya buat berikut ini untuk memudahkan dalam pembuatan nya.

Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus
Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus
Nah sahabat semua semoga pembahasan kali ini yaitu tentang Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus bisa berguna buat anda semua sahabat dan semoga berhasil dalam membauat nya salam sukses…….
Admin
Admin Food blogger and photographer

Posting Komentar untuk "Cara membuat Mikrophone dari speaker kualitas bagus"